Home / Cryptocurrency / Mengenal Lebih Dekat Bitcoin, Cryptocurrency Pertama Calon Mata Uang Masa Depan
Mengenal Lebih Dekat Bitcoin, Cryptocurrency Pertama Calon Mata Uang Masa Depan

Mengenal Lebih Dekat Bitcoin, Cryptocurrency Pertama Calon Mata Uang Masa Depan

Kandanglangit.com | Pernahkah anda sekilas mendengar tentang Bitcoin? yah… Bitcoin akhir-akhir ini sangat populer keberadaannya sebagai aset digital ataupun sebagai pembayaran online, bahkan sudah banyak penyedia layanan online mulai dari pembelian domain, hosting ataupun barang yang menggunakan Bitcoin sebagai alternatif pembayaran sejajar dengan paypall dan kartu kredit. Sampai dengan saat artikel ini ditulis harga 1 Bitcoin sudah mencapai sekitar Rp. 63 juta , harga yang sangat besar untuk sebuah aset digital bahkan melebihi harga emas untuk saat ini. Berbeda dengan emas Bitcoin bahkan bisa dipecah menjadi satuan terkecil sampai 8 digit angka dibelakang koma dengan sebutan 1 Satoshi.

Bitcoin untuk saat ini banyak dicari sebagai investasi masa depan dikarenakan harganya yang cenderung selalu naik. Kenaikan harga yang cukup signifikan ini lebih disebabkan karena limitasi jumlah Bitcoin yang beredar pada puncak akhir produksinya diperkirakan sampai 21 juta Bitcoin. Karena perdagangan Bitcoin murni menganut Supply and Demand maka ketika jumlah Bitcoin yang beredar semakin menipis dan permintaan semakin tinggi otomatis harga Bitcoin akan semakin melonjak tinggi.

Baca Juga  Cara Mudah Mendapatkan Bitcoin Gratis Dengan Freebitcoin

Sejarah Singkat Terciptanya Bitcoin

Menurut beberapa sumber dari Wikipedia dan forum-forum Cryptografi, Bitcoin pertama kali diperkenalkan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2008 dan sampai saat ini pun masih belum jelas siapakah sebenarnya Satoshi Nakamoto sebenarnya apakah dia nama seseorang ataukah nama suatu komunitas. Bitcoin pertama kali ditawarkan ke internet sebagai teknologi peer to peer pembayaran baru dengan kecepatan transaksi, tingkat sekuritas yang sangat tinggi dan biaya transaksi yang sangat kecil. Untuk melakukan transaksi kirim dan terima uang digital dalam Bitcoin  sudah menganut Desentralisasi jadi sudah tidak diperlukan pihak ketiga seperti umumnya saat ini yang semuanya harus melewati Sentralisasi Bank dahulu. Di Bitcoin selama masih terhubung di internet urusan kirim terima Bitcoin bahkan transfer antar negara sekalipun bisa dilakukan dengan sangat cepat dalam hitungan menit.

Transparansi Transaksi Bitcoin

Untuk urusan transparansi transaksi Bitcoin, semua transaksi bitcoin tercatat dalam buku besar yang dinamakan Blockchain dan semua orang bisa mengakses transaksi siapapun asalkan anda mengetahui alamat wallet orang tersebut  karena Blockchain ini bersifat public. Jadi kalau ada opini yang berkembang bitcoin rawan digunakan untuk kegiatan transaksi terorisme atau pun money laundering saya rasa akan sangat mudah untuk ditelusuri aliran dana asalkan pihak berwajib mengetahui alamat wallet nya. Untuk melihat seluruh transaksi bitcoin anda bisa mengunjungi Blockexplorer.com

Baca Juga  Cara Mudah Mendapatkan Bitcoin Gratis Dengan Freebitcoin

Sampai dengan saat ini Bitcoin dengan teknologi Blockchain-nya sudah berkembang dengan sangat cepat, beberapa negara seperti Belanda dan Jepang sudah melegalkan penggunaan bitcoin sebagai alat tukar dinegaranya masing-masing, tinggal kita tunggu legalitas bitcoin sebagai alat tukar di negara kita Indonesia. Semoga tidak lama lagi…

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

/*
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates
*/