Home / Blogging / Amankan Login WordPress Dengan Verifikasi 2 Langkah (2FA) Menggunakan Perangkat Android Anda
Amankan Login WordPress Dengan Verifikasi 2 Langkah (2FA) Menggunakan Perangkat Android Anda

Amankan Login WordPress Dengan Verifikasi 2 Langkah (2FA) Menggunakan Perangkat Android Anda

Kandanglangit.com | Isu keamanan sebuah website dari dulu sampai sekarang seolah-olah tak pernah habis untuk dibahas. Berbagai celah selalu saja menjadi bahan exploitasi untuk menemukan bug kelemahan suatu website. Artikel kali ini masih saja berfokus di CMS favorit WordPress, tak cukup selalu update rutin wordpress anda. Kini saatnya jadikan perangkat mobile android anda dengan verifikasi 2 langkah (Two Factor Authentication) dengan aplikasi google authenticator sebagai kunci kedua, setelah anda memasukkan kunci pertama Username dan Password.

Two Factor Authentication Google Authenticator adalah??

Cara kerja aplikasi google authenticator yang terinstall di perangkat android ini akan menggenerate code angka acak sebanyak 6 digit dan selalu berganti setiap kurang lebih sekitar 20-an detik. 6 digit angka yang dihasilkan hanya bisa dipakai sekali saja untuk login ke wordpress yang sudah kita daftarkan ke aplikasi google authenticator yang terinstall di handphone android kita. Jadi untuk verifikasi login wordpress hanya eksklusif kita saja yang bisa masuk karena generate code 6 digit langsung dari handphone yang kita pegang. Biarpun orang lain tau username dan password kita, tetap akan kesulitan untuk melewati step di google authenticator kecuali orang tersebut niat banget hacking lewat jalur lain selain login page hehehe…, kalau anda pemakai layanan KlikBCA dengan memakai Token Key BCA setiap kali transaksi online mungkin gampangnya google authenticator cara kerjanya semacam itu.

Baca Juga  Cara Membuat PDF Download Untuk Artikel di Wordpress

Cara menghubungkan wordpress dengan google authenticator

Untuk menghubungkan wordpress yang kita kelola dengan google authenticator di handphone android kita, langkah-langkahnya bisa anda ikuti dibawah ini.

1. Di Dashboard wordpress install dan aktifkan plugin Google Authenticator By Henrik Schack

2. Masuk ke menu Users >> Your Profile
Di bagian Google Authenticator Settings centang Active
Ganti Description dengan nama website anda
Di bagian Secret berisi kode bilangan acak dan QR-code yang nantinya kita masukkan ke google authenticator Apps  Android kita.

 

PENTING : sebaiknya anda printscreen Secret code dan QR-code lalu simpan di komputer untuk backup apabila handphone android kita hilang atau rusak kita tidak kesulitan mendaftarkan di handphone baru.

Sampai disini kita sudah menyelesaikan tugas disisi wordpress selanjutnya kita beralih ke perangkat android kita.

1. Di perangkat android install Google Authenticator dari Google Play

2. Tap tombol Plus (+) Pindai kode batang untuk scan QR-code yang ada di wordpress tadi atau pilih Memasukkan kunci yang diberikan unuk memasukkan manual secret code diatas.

Baca Juga  Menampilkan Related Product Satu Baris Woocommerce

Sampai disini tugas kita menyambungkan verifikasi 2 langkah wordpress dengan android telah selesai, selanjutnya anda coba logout dan login ulang maka akan ada label tambahan google Authenticator Code dibawah label password. Anda harus menggenerate 6 digit kode angka di apps google authenticator android setiap akan login ke wordpress anda.

Semoga tulisan ini bisa berguna buat semuanya.

 

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

/*
Free WordPress Themes - Download High-quality Templates
*/